Beranda All News Cen Sui Lan Minta BP Batam Tak Ngeyel, Serahkan Lahan Fly Over...

Cen Sui Lan Minta BP Batam Tak Ngeyel, Serahkan Lahan Fly Over Simpang Kabil

0
Cen Sui Lan Anggota DPR RI dari Dapil Kepri menyampaikan aspirasi percepatan pembangunan fly over Simpang Kabil, Batam.

JAKARTA (suaraserumpun) – Cen Sui Lan Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Dapil Kepri meminta agar Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Batam tak ngeyel. BP Batam diminta segera menyerahkan lahan untuk kelancaran pembangunan fly over di Simpang Kabil, Batam.

“Kita terus memperjuangkan kelanjutan pembangunan fly over (jembatan penyeberangan) di Batam ini. Tinggal BP Batam untuk menyerahkan lahan untuk fly over di Simpang Kabil itu,” kata Cen Sui Lan, Kamis (18/3/2021).

Cen Sui Lan mengatakan, dirinya kembali meminta kepada Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono tentang program pembangunan fly over (under pass) Simpang Kabil, Batam pada saat Rapat Kerja (Raker) Komisi V DPR RI, dengan Kementerian PUPR, Rabu (17/3/2021) siang kemarin. Dalam Raker itu, Cen Sui Lan meminta kepada Kementerian PUPR untuk mempertegas tentang program pembangunan fly over tersebut.

Baca Juga :  Roby Kurniawan Menginginkan OPD Punya Inovasi Baru

“Progresnya sudah sampai di mana? Apabila belum, saya akan masukan dari usulan sebagai Anggota Komisi V DPR,” kata Cen Sui Lan kepada Kementerian PUPR, Rabu siang kemarin.

Masih dalam ruangan rapat Komisi V DPR RI di di Senayan, pihak Dirjen Bina Marga Hedi Rahardian menjelaskan kepada Cen Sui Lan. Agar program pembangunan fly over Simpang Kabil, Batam cepat direalisasikan, pihak BP (Badan Pengusahaan) Batam sebagai pemilik lokasi (lahan) segera menyerahkan kepada DitJen Bina Marga KeMenterian PUPR.

“Pihak BP Batam jangan ngeyel, kita sudah rapat berkali kali. Supaya lahan yang akan dibangun itu diserahkan dulu. Supaya jangan ada temuan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) RI. BP Batam, kita sudah ingatkan berkali-kali. Begitu penegasan dari Pada Hedy,” ungkap Cen Sui Lan.

Selanjutnya, Cen Sui Lan meminta pihak BP Batam segera menindaklanjuti syarat untuk pembangunan fly over itu. Agar bisa pada perubahan APBN tahun anggaran 2021 ini, akan diusahakan. Jika BP Batam segera menyerahkan lahan untuk pembangunan fly over di Simpang Kabil itu.

Baca Juga :  Batik Air Buka Rute Penerbangan Jakarta-Tanjungpinang, Cek Harga Spesialnya

“Jika masih belum diserahkan, tolong sampai Juli 2021 bisa diserahkan. Agar bisa masuk dalam tahun anggaran 2022,” jelas Cen Sui Lan.

Sebelumnya, Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI berjanji akan memperjuangkan agar fly over (jembatan penyeberangan) di Simpang Kabil, Kota Batam tetap dibangun. Cen Sui Lan pun berharap, agar Kepri masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN), dengan pembiayaan dari APBN.

Cen Sui Lan juga bersedia bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri, untuk mengusulkan ke Presiden RI, agar Provinsi Kepri menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) atau Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang ditetapkan dalam satu Peraturan Presiden (Perpres). Kemudian, diusulkan agar Provinsi Kepri masuk sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN), ini juga melalui Perpres. Contohnya, KEK Nongsa Digital Park (NDP) dan kawasan PSN lainnya.

Baca Juga :  Cen Sui Lan: Kepala BP BBK Harus Diisi Pemimpin yang Berjiwa 'Merah Putih'

Jika Kepri menjadi KSPN atau PSN, jelas Cen Sui Lan, maka dana pembangunan infrastruktur bisa langsung dari APBN. Seperti KSPN Mandalika Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan KSPN Danau Toba, Sumatera Utara. Kedua daerah tersebut, dana APBN langsung by pass melalui berbagai Lembaga/ Kementerian.

“Harapan saya, Kepri bisa seperti itu. Bersama Pak Gubernur Kepri, ayo kita usahakan ke pusat. Untuk di Batam, kita selesaikan cepat pembangunan fly over di Simpang Kabil ini. Makanya, BP Batam jangan ngeyel, dan segera menyerahkan lahan untuk kegiatan pembangunan fly over ini,” kata Cen Sui Lan menambahkan. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here