Beranda All News Anggaran DAK dan Satker PUPR, Rp45 Miliar untuk Pendidikan Bintan

Anggaran DAK dan Satker PUPR, Rp45 Miliar untuk Pendidikan Bintan

0
Bupati Bintan H Apri Sujadi dan Kadisdik Bintan meninjau sekolah, untuk persiapan pengalokasian anggaran DAK dan Satker PUPR, pada tahun 2021.

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Satuan Kerja (Satker) PUPR Provinsi Kepulauan Riau mencapai Rp45 miliar, untuk dukungan pendidikan Kabupaten Bintan. Dana Rp45 untuk pendidikan Kabupaten Bintan itu dialokasikan pada tahun anggaran 2021 ini.

Anggaran DAK dan Satker PUPR mencapai Rp45 miliar, untuk bidang pendidikan itu disampaikan Bupati Bintan H Apri Sujadi, di sela kunjungan sejumlah sekolah, Rabu (10/3/2021) kemarin. Apri Sujadi mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bintan telah memberikan prioritas cukup tinggi, terhadap bidang pendidikan. Untuk tahun 2021, alokasi terkait infrastruktur bidang pendidikan setidaknya mencapai Rp45 miliar.

Alokasi anggaran tahun 2021 untuk bidang pendidikan itu bakal ditujukan terhadap pekerjaan fisik. Seperti merehabilitasi ruangan belajar dan sarana pendidikan. Karena, program yang direalisasikan pada tahun 2021 ini, masih pada hal mendasar. Seperti pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

Baca Juga :  BKKBN: Pendataan Keluarga di Kepri Belum Mencapai Target

“Alhamdulillah, kondisi saat ini membuat kita semakin terpacu. Karena sedikit demi sedikit, perubahan itu terjadi. Tahun ini, kita dapat dukungan dari DAK dan Satker PUPR itu mencapai Rp45 miliar, khusus untuk pendidikan di Bintan,” ujar Apri Sujadi.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan Tamsir SSi MSi menyebutkan, alokasi Rp45 miliar untuk bidang pendidikan pada tahun 2021 ini, berasal dari anggaran DAK dengan total mencapai Rp36 miliar. Kemudian ditambah Rp9 miliar melalui Satker PUPR Provinsi Kepri.

Pada tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Dinas Pendidikan akan merehab dan membangunkan sarana pendidikan melalui dana DAK, APBD, dan APBN melalui Satker PUPR Provinsi Kepri.

Baca Juga :  Ansar Minta Tambahan 30 Ribu Dosis Vaksin untuk Pelaku Pariwisata

Sebagai contoh, pada tahun 2021 ini, SMPN 1 Bintan akan dibangun gedung induk majelis guru dan ruangan belajar. Serta ruang laboratorium akan direhab, dengan total anggaran Rp1,6 miliar.

“Itu melalui anggaran DAK. Sesuai dengan komitmen Bupati Bintan, agar SMPN 1 dijadikan sebagai sekolah unggul di Kabupaten Bintan. Sehingga sarana prasarana secara bertahap kita perbaiki,” sebutnya.

Pada tahun 2021 ini, tambah Tamsir, Kabupaten Bintan menerima anggaran DAK Rp 36 miliar dan Rp9 miliar melalui Satker PUPR Provinsi Kepri. Dari anggaran Rp9 miliar melalui Satker PUPR itu, sekolah yang bakal mendapat dana itu yaitu SDN 03 Bintan Timur.

Baca Juga :  Tikung-menikung di 'Sirkuit Jagal Politik 2024'

“Tahun ini, SDN 03 Bintan Timur ini direhab, untuk mewujudkan sebagai sekolah unggul dan sekolah percontohan di Kabupaten Bintan. Anggarannya dari dukungan Satker PUPR Provinsi Kepri. Beberapa sekolah lain juga dapat bantuan dari DAK dan Satker PUPR ini,” tutup Tamsir. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here