Beranda All News Cen Sui Lan Anggota DPR RI, Perempuan Tionghoa Pertama dari Kepri yang...

Cen Sui Lan Anggota DPR RI, Perempuan Tionghoa Pertama dari Kepri yang Menembus Senayan

0
Cen Sui Lan perempuan tionghoa dari Kepri dilantik sebagai Anggota DPR RI, sisa masa jabatan 2019-2024 menggantikan H Ansar Ahmad.

BATAM (suaraserumpun) – Cen Sui Lan merupakan seorang dari 575 orang Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, masa jabatan 2019-2024. Cen Sui Lan merupakan anggota DPR RI, yang menjadi perempuan etnis tionghoa pertama menembus Senayan.

Cen Sui Lan dilahir dari keluarga etnis tionghoa, yang berjiwa nasional. Ibu dua orang anak ini berlatar belakang pengusaha muslimah. Cen Sui Lan cukup sukses di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Selain menekuni di bidang swasta, Cen Sui Lan juga berkecimpung di dunia politik. Sudah berjalan 15 tahun, Cen Sui Lan bergabung di Partai Golongan Karya (Golkar).

Cen Sui Lan memiliki nama muslim Aisyah. Nama ini pun berlaku di Indonesia, lazimnya dari kalangan Tionghoa. Aisyah alias Cen Sui Lan merupakan wanita kelahiran Kuala Langkat, 11 Mei 1967. Tokoh perempuan yang satu ini, memeluk agama Islam pada tahun 2008, ketika menikah dengan Haji Raja Mustakim. No problem bagi keluarganya, ketika Cen Sui Lan menjadi seorang mualaf.

Tokoh wanita yang tinggal di Komplek Rosedale Blok E 84 Batam Center ini, merupakan satu dari sejumlah Calon Anggota DPR RI, yang diusung Partai Golkar dari daerah pemilihan Kepulauan Riau, pada Pemilu Legislatif tahun 2019 lalu. Dari perolehan suara di pemilihan legislatig Pemilu 2019 lalu, Cen Sui Lan meraih suara terbanyak kedua setelah Ansar Ahmad. Suara yang diperoleh Cen Sui Lan belasan ribu, hampir menembus 20 ribu.

Ketika H Ansar Ahmad SE MM memutuskan sebagai Calon Gubernur Kepri di Pilkada tahun 2020, nama Cen Sui Lan muncul ke permukaan. Sesuai aturan, Ansar harus mundur dari jabatannya sebagai Anggota DPR RI. Kursi di Senayan yang ditinggalkan Ansar Ahmad, menjadi hak Cen Sui Lan alias Aisyah. Istri dari H Raja Mustakim ini lah yang akan menggantikan H Ansar Ahmad SE MM sebagai anggota DPR RI, di Jakarta.

Di kalangan Partai Golkar dan masyarakat Kepri, Aisyah alias Cen Sui Lan merupakan tokoh yang familiar. Apalagi, Cen Sui Lan sebagai muslimah merupakan sosok wanita yang taat kepada suami. Kepribadiannya juga dikenal luas, karena kiprahnya di Partai Golkar sudah begitu lama. Nama Cen Sui Lan cukup populer.

Baca Juga :  Sah! Endang Abdullah Mendampingi Rahma, Ade Angga Diganti Oktavio Bintana

Tidak hanya di kalangan politisi, tetapi juga di kalangan pengusaha dan masyarakat. Karena wanita penggemar olahraga jogging ini, juga punya jabatan penting di Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Provinsi Kepulauan Riau.

“Seluruh aktivitas yang saya lakukan, selalu atas izin dan dorongan suami. Saya hanya ingin memberikan pengabdian terbaik, dari kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menuju Senayan nanti,” ujar Cen Sui Lan, saat menjawab suaraserumpun.com, pada peringatan Hari Perempuan Internasional (Sedunia), Senin 8 Maret 2021, beberapa hari lalu.

Dilantik di Senayan

Tanggal 7 Desember 2020, Cen Sui Lan dilantik sebagai Anggota DPR RI, untuk sisa masa jabatan 2019-2024. 7 Desember 2020 itu pula, dia resmi menjalankan tugas sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan Provinsi Kepulauan Riau di pusat, Senayan, Jakarta. Cen Sui Lan seorang dari 575 wakil rakyat di Indonesia.

Seminggu kemudian, tepatnya tanggal 15 Desember 2020, Cen Sui Lan dilantik sebagai Anggota MPR RI, sisa masa jabatan 2019-2024. Cen Sui Lan pun resmi menjadi bagian dari 711 anggota 136 anggota DPD 575 anggota DPR.

Cen Sui Lan tergolong vokal, ketika dirinya melanjutkan perjuangan H Ansar Ahmad sebagai anggota Komisi V DPR RI. Baik ketika Rapat Kerja (Raker) dengan menteri di bawah naungan Komisi V DPR RI. Maupun ketika melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dirjen kementerian. Cen Sui Lan selalu menyuarakan aspirasi rakyat, serta pembangunan yang diperlukan di Provinsi Kepri.

Perempuan Tionghoa Pertama

Setiap turun ke daerah pemilihan dan masa reses, Cen Sui Lan menjadi harapan dari masyarakat dan kalangan pengusaha. Wajar, banyak aspirasi yang dibawa Cen Sui Lan ketika kembali ke Senayan. Bagi Cen Sui Lan, menemui dan menyerap sampai dengan memperjuangan aspirasi rakyat, sudah menjadi tugasnya. Meskipun, Cen Sui Lan menyadari, bahwa dirinya adalah seorang perempuan.

Cen Sui Lan Anggota DPR RI.

Baginya, perempuan bisa melakukan hal yang sama dengan laki-laki, dalam menjalankan tugas sebagai seorang Anggota DPR RI. Cen Sui Lan bangga sebagai perempuan dan jadi srikandi Golkar. Bertepatan dengan International Womens Day (Hari Perempuan Sedunia) 2021, Cen Sui Lan pun mengungkapkan siapa dirinya. Dan ingin memberikan inspirasi buat kaum perempuan di Indonesia.

Baca Juga :  Perusahaan di KEK Serahkan Gedung Sekolah, Bupati Menyarankan PT BAI Membangun Politeknik

Selama menjabat Anggota DPR RI, Cen Sui Lan ternyata punya hal yang paling berkesan. Yang paling berkesan itu adalah, Cen Sui Lan satu-satunya perempuan Golkar, yang duduk di DPR RI mewakili Kepulauan Riau. Sampai saat ini, Golkar belum punya tokoh perempuan yang duduk di DPR RI dari Dapil Provinsi Kepri.

“Dan, saya satu-satunya dari perempuan etnis tionghoa, yang ada di DPR RI, dari Dapil Kepri,” ungkap Cen Sui Lan.

Sehigga, setiap Cen Sui Lan turun ke daerah-daerah, masyarakat sangat antusias. Bahkan ada yang menganggap atau bertanya.

“Ini siapa sih perempuan yang berjuang untuk kita? Begitu kata masyarakat saya. Jadi, setiap saya turun, mereka datang dan menceritakan masalah mereka, sampaikan aspirasi mereka,” tuturnya.

Bahkan ketika Cen Sui Lan turun, ada aspirasi yang sudah terlalu lama, yang disampaikan masyarakat. Mereka ada yang menyampaikan masalah di tahun 1965. Mereka mengadu ke Cen Sui Lan, dan mengharapkan Cen Sui Lan berjuang untuk mereka.

“Jadi, saya merasa pengabdian saya ini, benar-benar memberikan harapan untuk mereka,” kata Cen Sui Lan.

Dukungan Keluarga

Dalam menjalankan tugas, kira-kira bagaimana Cen Sui Lan mengelola waktu sebagai politisi atau pejabat publik, dan sebagai anak/istri/ibu? Cen Sui Lan pun tak segan berbagi tips dalam keluarganya. Cen Sui Lan menyampaikan, menunaikan kewajiban kepada anak itu, adalah hal yang wajib. Artinya, perempuan itu wajib mendidik anak. membesarkan anak.

Cen Sui Lan Anggota DPR RI dapil Kepri bersama suaminya Raja Mustakim dan dua orang anaknya.

Cen Sui Lan merasa beruntung, karena didukung keluarganya. Baik dari suami, anak maupun saudara-saudaranya. Orang-orang di sekitarnya, mendukung Cen Sui Lan untuk bisa berkiprah di politik.

“Kalau dukungan dari suami, itu sudah pasti. Karena, selama saya berkiprah di Partai Golkar, suami juga berbarengan dengan saya. Kami berdua di Golkar itu, sudah 15 tahun sama-sama,” ucapnya.

Nah, ketika Cen Sui Lan duduk di DPR RI, semua keluarganya merasa bangga. Suami bangga, anak-anaknya bangga, keluarga bangga, masyarakat Kepri pun bangga.

Ketika Cen Sui Lan terjun di pemilihan wakil rakyat, Cen Sui Lan bukan hanya pelengkap kuota keterwakilan perempuan. Cen Sui Lan selalu optimis bisa memberikan warna, atau mempunyai pengaruh yang besar.

Baca Juga :  Viral, Wanita Kaya Pemalsu Pelat Dinas TNI Minta Maaf

Bagi Cen Sui Lan, peran keterwakilan perempuan itu, tidak hanya mencukupi kuota 30 persen. Meski dirinya masuk kuota 30 persen saat pencalonan legislatif, tapi Cen Sui Lan menunjukan atau membuktikan, sama seperti mereka (laki-laki).

“Itu, sama dengan mereka itu diartikan untuk berjuang lho. Dan bagi saya, kalau bisa ditingkatkan kuota perempuan itu lebih dari 30 persen, ya harus ditingkatkan,” sebutnya.

Cen Sui Lan pun mengharapkan, semua perempuan itu aktif dan ikut berpolitik. Berjuang bersama-sama. Supaya bisa bersama membangun daerah pemilihan.

“Dan membangun negara kita, Indonesia,” tegasnya.

Pendidikan dan Profil

Nama Cen Sui Lan sangat populer di kalangan masyarakat Kepri, Partai Golkar dan pemerintah pusat. Cen Sui Lan mengawali pendidikan di SDN 01 Kuala, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (1980). Kemudian melanjutkan SMP Metdodist Binjai, Sumatera Utara (1983) dan menyelesaikan di SMA Methodist Binjai, Sumatera Utara (1986).

Cen Sui-Lan bersama staf ahli dan mitra kerja, serta Raja Mustakim.

Cen Sui Lan sudah banyak mengikuti pendidikan latihan serta kursus. Baik pendidikan pengkaderan dan organisasi kepartaian Golkar, maupun pendidikan lainnya. Bahkan Cen Sui Lan sudah beberapa kali mengikuti studi banding ke luar negeri.

Seperti ke Beijing dan Shanghai (Cina) tentang perencanaan kota di tahun 2013. Bahkan, Cen Sui Lan pernah mengikuti study banding ke Cina, tentang pengelolaan kemaritiman (perikanan. Tepatnya di Shanghai, Shensen dan Hongkong.

Bicara pengalaman di organisasi, Cen Sui Lan selalu menjadi pengurus teras di Partai Golkar dan MKGR Provinsi Kepri, sejak 15 tahun lalu. Cen Sui Lan juga berkecimpung di Kadin Provinsi Kepulauan Riau, ASITA, Forum Komunikasi Agen Garuda (FKAG), INCA Provinsi Kepri, hingga merakyat di Lions Club.

Kini, Cen Sui Lan terus menjalankan tugasnya sebagai Anggota DPR RI. Cen Sui Lan pun bangga menjadi perempuan etnis tionghoa dari daerah pemilihan Kepri, yang diberi amanah memperjuangkan aspirasi rakyat. Sukses selalu buat Cen Sui Lan saat menjalankan tugas di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here