Beranda All News Timnas Dapat Izin Laga Uji Coba, Tapi Ada Syarat dari Menpora Amali

Timnas Dapat Izin Laga Uji Coba, Tapi Ada Syarat dari Menpora Amali

0
Menpora RI Zainuddin Amali mengadakan pertemuan dengan para petinggi PSSI, membahas laga uji coba Timnas U-22, Kamis (4/3/2021).

JAKARTA (suaraserumpun) – Timnas U-22 sepak bola Indonesia sudah mendapat izin menggelar laga uji coba, berkat bantuan Kemenpora. Tapi, ada syarat dari Menpora RI Zainudin Amali.

Menpora Amali mendapat laporan dari PSSI bahwa pertandingan uji coba timnas U-22 Indonesia melawan Tira Persikabo dan Bali United tersebut dijadwalkan karena sudah menjadi kebutuhan dan ada dalam road map pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY). Laga uji coba ini dilakukan sebelum pemain timnas kembali ke klub-klub masing-masing untuk menjelang Piala Menpora 2021.

“Dari penjelasan itu sebenarnya saya sudah komunikasi dengan pihak Polri. Saya komunikasi bahwa yang dilakukan PSSI ini adalah uji coba untuk Timnas karena itu menjadi kebutuhan yang sudah ada dalam road map. Sebab Timnas sebentar lagi akan dikembalikan ke klub masing-masing, istirahat, mereka harus kembali ke klub masing-masing pada Piala Menpora,” ungkap Menpora Amali, Kamis (4/3/2021).

Baca Juga :  Habis Jurus, Timnas Indonesia Babak Belur Dihajar UEA dengan Skor 0-5

Polri telah mengizinkan laga Timnas Indonesia melawan Tira Persikabo, Jumat (5/3/2021). Selanjutnya, timnas sepak bola Indonesia akan menghadapi Bali United, Minggu (7/3/2021). Laga uji coba bakal dihelat di Stadion Madya. Demi menjawab kepercayaan Polri itu, Menpora RI Amali secara tegas meminta agar PSSI menerapkan aturan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Syarat menggelar laga uji coba itu disampaikan Amali saat para petinggi PSSI menyambangi Kantor Kemenpora, Kamis (4/3/2021) siang kemarin. PSSI dipanggil untuk menjelaskan alasan kegagalan mereka menggelar laga uji coba kontra Tira Persikabo, yang seharusnya dilangsungkan, Rabu (3/3/2021).

Petinggi PSSI yang datang menemui Menpora Amali antara lain Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi, Waketum PSSI Iwan Budianto, Deputi Sekjen Desi Afrianto, Asisten Pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto, dan Ketua Panitia Pelaksana Laga uji coba Timnas Albinus Lauren Langga.

Baca Juga :  Marquez Resmi Absen di 2 Seri Pembuka MotoGP 2021 di Qatar

“Saya tanya (ke PSSI) bagaimana meng-clear-up lapangan sejak dari 8 jam sebelum pertandingan (J-8). Pokoknya rinci sekali yang disampaikan tadi,” kata Amali dalam rilis Kemenpora RI.

“Saya tanya ini seperti apa penerapan protokol kesehatannya. Mereka (PSSI) memaparkan tadi, protokolnya persis sama dengan yang akan dilakukan pada saat Piala Menpora nanti, cuma bedanya di durasi waktu,” ujarnya menambahkan.

Amali dengan tegas minta keseriusan PSSI pada uji coba Timnas Indonesia ini demi menjadi gambaran penyelenggaraan turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Seperti permintaan Polri, pertandingan sepakbola diizinkan dengan syarat menerapkan protokol kesehatan ketat.

Baca Juga :  Apri Ragu-ragu untuk Memperbolehkan Salat Ied di Lapangan Terbuka

Karena hal itu sekaligus menjadi simulasi apakah sepakbola bisa berjalan secara aman di masa pandemi Covid-19. Dengan kata lain, jika laga Timnas Indonesia sukses terselenggara dengan baik PSSI bisa dipercaya untuk menyelenggarakan kompetisi sepak bola lagi.

“Saya hanya menyampaikan berbagai pertimbangan dari sisi kami, supaya ini bisa jalan. Nah yang kedua, pertandingan uji coba ini juga bisa dijadikan sebagai ajang simulasi, untuk tanggal 21 (Piala Menpora),” ujar Amali.

“Kalau ada kekurangan, itu akan kami perbaiki. Tapi kalau sudah oke ya sudah tidak ada masalah,” ucap Menpora, merujuk pada laga uji coba Timnas Indonesia tersebut. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here