Beranda Daerah Jumat, Suhajar Diantoro Langsung Bahas Pelantikan Kada Terpilih

Jumat, Suhajar Diantoro Langsung Bahas Pelantikan Kada Terpilih

0
Mendagri Tito Karnavian menyerahkan SK Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Riau, kepada H Suhajar Diantoro, Kamis (18/2/2021).

JAKARTA (suaraserumpun) – Staf Ahli Kemendagri bidang pemerintahan RI, H Suhajar Diantoro dilantik sebagai Penjabat (PJ) Gubernur Kepri oleh Mendagri Tito Karnavian, Kamis (18/2/2021) pagi. Jumat (19/2/2021), Suhajar Diantoro diagendakan langsung membahas proses pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri terpilih.

Usai pelantikan, Suhajar Diantoro pun sudah diagendakan dengan sejumlah kegiatan rapat dan silaturahmi. Suhajar dipastikan akan bertolak ke Kepri, Jumat (19/2/2021) besok. Menggunakan penerbangan pukul 10.00 WIB, dari bandar udara Soekarno Hatta, Suhajar langsung menuju Bandara RHF Tanjungpinang. Saat tiba di Tanjungpinang, akan langsung menjalankan tugasnya.

Baca Juga :  37 Ribu Hektare Bakau di Kepri dalam Kondisi Rusak, Ansar Paparkan Manfaat Mangrove

Kedatangan Pj Gubernur Kepri bakal dilakukan penyambutan terbatas di Bandara RHF Tanjungpinang. Kemudian, Suhajar langsung menunaikan salat Jumat. Usai ibadah Jumat, akan diselenggarakan pertemuan dengan FKPD, KPU Provinsi Kepri dan Bawaslu Kepri, di gedung daerah. Sekaligus rapat dengan OPD di lingkungan Pemprov Kepri. Pertemuan ini untuk mengkoordinasikan banyak hal. Termasuk proses pelantikan kepala daerah setelah penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 di Provinsi Kepri.

Proses pelantikan kepala daerah terpilih di Pilkada 2020 serentak tersebut, antara lain Bupati Bintan. Serta pasangan calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Anambas serta Kabupaten Lingga. Selain itu, Pj Gubernur Kepri juga bakal membahas pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri terpilih. Pada Pilkada 2020 lalu, H Ansar Ahmad dan Hj Marlin Agustina memperoleh suara terbanyak, dan segera ditetapkan sebagai Paslon terpilih oleh KPU Provinsi Kepri.

Baca Juga :  Forum RT/RT Tanjung Ayun Sakti Bikin Aksi Nyata buat Menyukseskan Vaksinasi

“Agenda ini untuk berkoordinasi agenda-agenda penting. Agar agenda birokrasi dan pelayanan pada rakyat, tetap berjalan maksimal,” kata Sekda Kepri H TS Arif Fadillah.

Arif, dalam kesempatan ini menghadiri pelantikan Suhajar Diantoro di Kemendagri. Arif sendiri sempat diamanahkan jabatan Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Kepri. Sejak 12 Februari hingga Kamis (18/2/2021) pagi, sebelum pelantikan Suhajar Diantoro sebagai Pj Gubernur Kepri. Dalam proses pelantikan, tak hanya Suhajar Diantoro. Mendagri juga melantik Pj Gubernur Jambi, Bengkulu dan Sumbar.

Mendagri Tito, saat pelantikan mengatakan, penunjukkan (Pj gubernur) ini dilakukan agar kerja-kerja birokrasi tetap berjalan, sebelum gubernur definitif dilantik. Penunjukan Suhajar dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden tentang Pengesahan Pemberhentian dengan Hormat Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri masa jabatan 2016-2021 dan pengangkatan Pj Gubernur Kepri.

Baca Juga :  Operasi Ketupat Seligi 2021, Ansar: Amankan Kebijakan Larangan Mudik

“Para pejabat ini harus mengawal birokrasi sampai dilantiknya gubernur defeniti,” demikian dipesankan Tito Karnavian. (DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here