banner 728x90
Ketua PWI Tanjungpinang-Bintan Zakmi menyerahkan masker kepada Kadiskominfo Aupa Samake, dalam aksi kemanusiaan menjelang HPN ke-75, Senin (8/2/2021).

Aksi Kemanusiaan Warnai Peringatan HPN Ke-75 di Pulau Bintan

Komentar
X
Bagikan

BINTAN (suaraserumpun) – Aksi kemanusiaan menjadi pilihan utama bagi wartawan Kota Tanjungpinang dan Bintan (Pulau Bintan), menjelang peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-75, Senin (8/2). Puluhan wartawan yang terlibat dalam aksi ini berasal dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tanjungpinang-Bintan, IJTI, Forum Jurnalis Bintan (FJB) dan SMSI.

Melalui aksi kemanusiaan ini, para wartawan membagikan 2.500 masker, serta menyerahkan paket sembako kepada warga Kecamatan Toapaya sekitarnya dan wartawan senior yang kurang mampu. Selain wartawan, aksi kemanusiaan yang dipusatkan di jalan Lintas Barat Bintan tersebut melibatkan unsur Pemerintah Kabupaten Bintan, Satpol PP, BPBD, Pemerintah Kecamatan Toapaya serta beberapa pihak terkait.

Ketua PWI Tanjungpinang-Bintan Zakmi Piliang menyampaikan, kegiatan aksi kemanusiaan ini dilaksanakan, dalam rangkaian peringatan HPN ke-75 tahun 2021. Secara nasional, HPN 2021 akan dibuka secara resmi oleh Presiden RI Jokowi, Dewan Pers di Ancol, Jakarta, Selasa (9/2). Karena kondisi sekarang masih dalam masa pandemi Covid-19, peringatan HPN di pusat dilaksanakan secara terbatas. Tapi, wartawan di daerah disarankan membikin kegiatan di daerah masing-masing.

Baca Juga :  Ansar Ahmad dan Hj Dewi Kumalasari Menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana Tahun 2023
Wartawan Pulau Bintan membagikan masker gratis kepada pengendara, pada saat aksi kemanusiaan menjelang peringatan HPN ke-75, Senin (8/2/2021).

“Nah, hari Senin ini, kami dari wartawan yang tergabung di PWI Tanjungpinang-Bintan, IJTI, SMSI dan FJB menggelar aksi kemanusiaan berbagi masker dan sembako kepada masyarakat. Ini pilihan utama kami, di masa pandemi Covid-19,” kata Zakmi, di sela kegiatan aksi kemanusiaan, Senin (8/2) pagi.

Berbagi 2.500 masker dan sembako ini, jelas Zakmi, sebagai upaya pencegahan penularan virus korona di lingkungan masyarakat. Melalui pembagian masker diharapkan, masyarakat tetap sehat. Saat pembagian masker, wartawan juga dituntut untuk menerapkan protokol kesehatan. Guna memutus mata rantai penularan virus korona.

Baca Juga :  Bantuan Hibah untuk Rumah Ibadah dan TPA Anambas Sebesar Rp851 Juta

Kemudian, lanjutnya, berbagi sembako juga sebagai bentuk aksi kemanusiaan terhadap masyarakat yang terdampak ekonomi akibat pandemi. Termasuk meringankan beban ekonomi terhadap sejumlah wartawan senior.

“Kondisi Covid-19 sekarang, adalah situasi yang mendesak, untuk berbagi masker. Ini sebagai wujud aksi kemanusiaan dari kalangan wartawan,” tegasnya.

“Pembagian 2.500 masker dan sembako dilakukan di beberapa titik wilayah,” sambungnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Aupa Samake mengapresiasi kegiatan aksi kemanusiaan yang dilaksanakan wartawan di jalan Lintas Barat wilayah Kelurahan Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan tersebut. Pemkab Bintan berharap agar wartawan terus berkarya dan selalu menjadi mitra pemerintahan, sesuai dengan peran dan funsinya.

Baca Juga :  Bank RiauKepri Mengalokasikan Dana CSR untuk Atlet Penyandang Cacat di Bintan

“Kami berterima kasih atas kegiatan ini. Teruslah berkarya dan bermitra dengan kami. Semoga aksi kemanusiaan hari ini, memberi manfaat bagi orang banyak. Selamat Hari Pers Nasional ke-75, tahun 2021 ini,” tutup Aupa Samake.

Kegiatan membagikan masker dan sembako dari wartawan Tanjungpinang-Bintan ini berjalan lebih kurang 2 jam. Direncanakan, wartawan kembali akan melaksanakan aksi kemanusiaan dalam bentuk lain, Selasa (9/2). (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *