banner 728x90
Sekdaprov Kepri Adi Prihantara dan Kadis Koperasi UMKM Kepri Drs Agusnawarman MM bersama peserta pelatihan UMKM serta mahasiswa perguruan tinggi di Kepri, Senin (5/12/2022). F- diskominfo kepri

Pemprov Kepri dan Perguruan Tinggi Bikin MoU Pembinaan UMKM

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Adi Prihantara membuka kegiatan pelatihan pengembangan UMKM dan kewirausahaan, di Ballroom Hotel Golden View Bengkong Kota Batam, Senin (5/12/2022). Pelatihan ini disejalankan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU), pengembangan dan pembinaan kewirausahaan antara Pemprov Kepri dengan sejumlah perguruan tinggi di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Sekdaprov Kepri Adi Prihantara mengatakan, sebagai pelaku perekonomian yang telah terbukti bisa bertahan di tengah hantaman pandemi Covid-19 lalu, perlu bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah terus mendapatkan pelatihan dan keterampilan.

Baca Juga :  Pembangunan Pertashop Tanah Kuning Melanggar 4 Peraturan, Protes Warga Tak Direspon

Tujuannya, agar pelaku UMKM ini bisa terus bertahan menghadapi persaingan bisnis yang semakin luas. Karena mereka sebagai penggerak roda ekonomi yang riil, telah terbukti nyata memberi kontribusi bagi kemajuan perekonomian Indonesia.

Sekdaprov Kepri menjabarkan tujuan pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kepri. Satu di antaranya, upaya menyejahterakan masyarakat, dengan cara peningkatan perekonomian semua lapisan masyarakat.

Sekdaprov Kepri Adi Prihantara memberikan motivasi kepada para peserta pelatihan yang terdiri pelaku usaha dan mahasiswa, dengan mengutip falsafah Jawa, yakni bekerjalah dengan produktif dan efektif, meski harus menggunakan dengkul dan gundul.

Baca Juga :  PPLP Sumbar Menantang Tuan Rumah di Perempat Final Kejurnas PPLP 2023 Pekanbaru-Riau

“Yang bermakna, mesti harus bekerja seadanya mengandalkan kekuatan yang dimiliki. Tapi punya target bisa meraih kesuksesan, dengan cara bekerja keras dan pantang menyerah. Dan terus belajar dari pengalaman, guna meraih kesuksesan yang diimpikan,” jelasnya.

Kadis Koperasi dan UMKM Pemprov Kepri Agusnawarman mengatakan, pelatihan ini untuk memberikan pemahaman kepada para peserta, tentang program-program pemerintah dalam upaya pengembangnan wirausaha.

“Pemerintah Provinsi Kepri terus memberikan perhatian pada pengembangan pelaku usaha, dengan langsung memberikan pelatihan dan pendampingan pada pelaku usaha. Agar mereka bisa terus berkembang serta mampu bersiang dan bertahan, dalam menjalankan bisnisnya,” ujar Agusnawarman.

Baca Juga :  Praktik Wanita Pesanan Teman Kencan di Bintan Timur Terkuak, Tarifnya Rp4 Juta

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan peluncuran Gerakan Membina Wirausaha (Gembira) yang nantinya, akan menggandeng mitra lain. Seperti BUMN dan BUMD, guna menjadi mitra sekaligus mentor, agar para pelaku usaha bisa terus eksis. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *