banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri dan Muhammad Yudi Prasetya menerima penjelasan dari Pendeta Renova Sitorus Praeses HKBP Kepri tentang lahan untuk lokasi pembangunan gedung serbaguna HKBP Distrik Kepri, yang berada di Jalan Raja Isa Batam Center, Kota Batam, Rabu (27/9/2023). F- nurul atia/suaraserumpun.com

HKBP Distrik Kepri Dapat Gedung Serbaguna Ikonik dari Aspirasi Cen Sui Lan

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Selain Keuskupan Katolik terbesar di Kepri, HKBP Distrik Kepri juga mendapat pembangunan gedung serbaguna yang menjadi ikonik, dari aspirasi Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri. Cen Sui Lan sudah meninjau lahan untuk pembangunan gedung serbaguna HKBP Distrik Kepri di Jalan Raja Isa Batam Center, Kota Batam, Rabu (27/9/2023) kemarin.

Saat peninjauan lahan pembangunan gedung serbaguna HKBP Kepri tersebut, Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri didampingi Muhamad Yudi Prasetya PPK Prasarana Strategis BP2W Kepri Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR. Di lokasi lahan itu, Cen Sui Lan dan Muhammad Yudi Prasetya menerima penjelasan dari Pendeta Renova Sitorus Praeses HKBP Kepri tentang lokasi pembangunan gedung Serbaguna HKBP, yang berada di Jalan Raja Isa Batam Center, Kota Batam tersebut.

Dalam peninjauan lahan itu, Tim Kementerian PUPR melakukan survei lapangan untuk melihat kesiapan Readines Criteria (RC) dari Program Pembangunan Gedung Serbaguna, yang sudah diusulkan dan sudah masuk pada APBN tahun anggaran 2024 lewat Kementerian PUPR.

Cen Sui Lan menjelaskan, program pembangunan gedung serbaguna HKBP Kepri di Jalan Raja Isa Batam Center, Kota Batam direncanakan dibangun di atas lahan 15.000 meter persegi, atau 1,5 hektare. Saat ini memasuki tahap penyiapan Readiness Criteria (RC). Itu ditandai dengan dilaksanakan kunjungan survei Cen Sui Lan Anggota Komisi DPR RI Dapil Kepri bersama Muhamad Yudi Prasetya PPK Prasarana Strategis (PS) BP2W Kepri Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR ke lokasi, Rabu (27/9/2023).

Baca Juga :  Lima Proyek Hulu Migas Berinvestasi Rp3,6 Triliun Akan Onstream di Semester Pertama 2022

“Gedung serbaguna HKBP Kepri ini diestimasi bisa menampung 10.000 umat kristiani untuk melaksanakan kegiatan keagamaan atau kegiatan sosial masyarakat lainnya,” ujar Cen Sui Lan kepada suaraserumpun.com, usai melakukan kunjungan survei lapangan, Rabu (27/9/2023).

Dijelaskan Cen Sui Lan, program pembangunan sedung serbaguna HKBP Distrik Kepri ini secara politis dan kebijakan anggaran, sudah diputuskan Cen Sui Lan bersama Basuki Hadi Mulyono, pada saat Raker Komisi V DPR RI, awal September 2023 lalu.

“Setelah saya usulkan secara resmi melalui Surat Rekomendasi Pengusulan saya sebagai Anggota Komisi DPR RI, kemudian secara langsung dalam Raker (Rapat Kerja), sudah kita putuskan untuk diprogramkan pada tahun anggaran 2024. Jadi, pada tahun anggaran 2024 nanti, ada 2 gedung untuk sarana prasarana umat beragama yang dibangun. Pertama gedung Keuskupan Katolik Kepri. Dan kedua, gedung Serbaguna HKBP Distrik Kepri,” sebut Cen Sui Lan.

Baca Juga :  Ini Laporan Wali Kota ke DPRD di Hari Jadi Ke-20 Kota Otonom Tanjungpinang

Cen Sui Lan menambahkan, setelah itu, Diana Kusumastuti Dirjen Cipta Karya menindaklanjuti kebijakan politis itu, dengan menurunkan Tim Kementerian PUPR, agar menyiapkan RC (Readiness Critieria).

“Saya turun melakukan survei lapangan bersama Tim Kementerian PUPR ini, bagian dari proses program ini sudah dimulai. Saya melihat bahwa lahan sudah ready, aspek legal sudah sertifikat. Ini tinggal saya minta proses administrasi anggarannya lagi,” kata Cen Sui Lan.

“Karena luas bangunan dan fungsinya, anggarannya diestimasikan di atas Rp50 miliar. Nanti pihak konsultan perencana yang ditunjuk, yang akan membuat RAB dan DED pembangunan gedung serbaguna HKBP Distrik Kepri,” sambungnya.

Cen Sui Lan sudah banyak membantu pembangunan fasilitas bagi semua kalangan umat beragama. Seperti Rusun STT Real Batam senilai Rp24 miliar yang berdiri megah di Nongsa Batam. Tahun anggaran 2023 ini mendapatkan hadiah dari Kementerian PUPR sebagai Pengelola Rusun Terbaik pertama se-Indonesia. Hadiahnya mencapai Rp1 miliar sudah mulai dikerjakan, untuk fasilitas sarana lainnya.

Baca Juga :  Pura-pura Menginap, Sepeda Motor Pemilik Rumah Malah Dicuri

Kemudian, pembangunan krematorium Batam di Rumah Duka Batu Aji Batam, yang sedang proses lelang fisik. Serta pembangunan revitalisasi madrasah-madrasah se-Kepri. Pembangunan 40-an MCK Ponpes se-Kepri. Dari aspirasinya, Cen Sui Lan juga memberikan hibah ambulans kepada setiap kelompok organisasi keagamaan se-Kepri. Dan masih banyak sarana prasarsna lainnya yang diimplementasikan untuk kemajuan Kepri.

Menurut Pdt Renova Sirait, pembangunan gedung serbaguna HKBP Distrik Kepri ini sangat dibutuhkan oleh 63.000-an umat HBKP Kepri. Karena selain untuk kegiatan keagamaan, juga setiap tahun melakukan perayaan keagamaan.

“Dengan adanya gedung serbaguna HKBP Distrik Kepri ini sangat membantu sarana prasarana kegiatan keagamaan, sosial dan kemasyarakatan,” ujar Renova Sitorus lagi.

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri bersama Tim Kementerian PUPR dan Pdt Renova Sitorus Prases HKBP Kepri berfoto bersama di lahan untuk pembangunan gedung serbaguna HKBP Distrik Kepri di Jalan Raja Isa Batam Center, Kota Batam, Rabu (27/9/2023). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Gedung serbaguna HKBP Distrik Kepri ini diestimasi bisa menampung 10.000 umat untuk melakukan kegiatan. Ini merupakan gedung ikonik bagi HKBP Kepri.

“Kami sebagai Prases HKBP Kepri, sangat berterima kasih kepada Bu Cen Sui Lan yang sudah memperjuangkan dan menganggarkan pembangunan gedung serbaguna HKBP Distrik Kepri ini,” ucap Pendeta Renova Sirait lagi.

“Ini menjadi sarana prasarana bagi 53 gereja HKBP se-Kepri,” sambungnya. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *