Beranda All News Cen Sui Lan: Hadiah Imlek 2023, Bangun Krematorium Terbesar di Kepri

Cen Sui Lan: Hadiah Imlek 2023, Bangun Krematorium Terbesar di Kepri

0
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) menyampaikan sambutan dan menjelaskan program pembangunan krematorium serta program lainnya, di sela penyerahan sembako di panti jompo yayasan Bhakti Sasana Bintan Timur, Kamis (19/1/2023). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) merasa lega menjelang Tahun Baru Imlek 2574 ini, karena akan dibangun krematorium terbesar di Kepri pada tahun anggaran 2023. Bagi Cen Sui Lan, pembangunan krematorium terbesar di Kota Batam itu, merupakan hadiah Imlek tahun 2023 ini.

Cen Sui Lan memastikan pembangunan krematorium terbesar di Provinsi Kepri itu, setelah Komisi V DPR RI mengadakan rapat kerja (Raker) Menteri PUPR, Selasa (17/1/2023) lalu. Raker Komisi V DPR RI dengan Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono tersebut membahasa evaluasi kegiatan program tahun anggaran 2022. Sekaligus membahas program tahun anggaran 2023. Rapat kerja ini dilaksanakan di Ruang Rapat Komisi V DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (17/1/2023).

“Iya benar, saya Raker Komisi V DPR RI bersama Pak Basuki Hadi Mulyono selaku Menteri PUPR RI pada, Selasa (17/1/2023) di Ruang Rapat Komisi V DPR RI Senayan, Jakarta. Ada tiga poin yang saya tekankan kembali dalam Raker itu,” kata Cen Sui Lan kepada suaraserumpun.com, usai menyerahkan bantuan sosial paket sembako Imlek di panti jompo Yayasan Bhakti Sasana Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Kamis (19/1/2023).

Dalam Raker bersama Menteri PUPR tersebut, Cen Sui Lan menyampaikan, pertama tentang penanganan pascabanjir di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri. Awalnya, Cen Sui Lan mengucapkan terima kasih kepada Menteri PUPR atas perhatiannya ketika ada banjir di Natuna. Dirjen Bina Marga mengirimkan Direktur ke Natuna, untuk menemani Cen Sui Lan ke Natuna, saat itu. Akibat banjir di Natuna tersebut, ada jembatan dan rumah warga yang hanyut.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Renungan Suci di Kalibata, Ansar Ahmad di TMP Pusara Bakti Tanjungpinang

Kepada Menteri PUPR dalam Raker tersebut, Cen Sui Lan meminta agar jembatan dan jalan yang rusak menuju fasiltas umum di Natuna, dibantu dan dibangun serta ditindaklanjuti pada tahun 2023.

“Ya, itu kita minta agar sarana dan prasarana yang terdampak banjir di Natuna, diprogramkan pada tahun anggaran 2023 ini,” tegas Cen Sui Lan.

Kedua, lanjut Cen Sui Lan, dalam Raker juga disampaikan tentang usulan pembangunan krematorium terbesar di Kepri. Kepada Menteri PUPR, Cen Sui Lan meminta agar direalisasi atau dianggarkan pada tahun 2023 ini.

“Untuk pembangunan krematorium di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ini, dari bidang perencanaan Ditjen Cipta Karya, sudah menghubungi saya. 2023, diharapkan dapat direalisasikan,” pinta Cen Sui Lan kepada Menteri PUPR RI.

“Permintaan itu direspon positif oleh Pak Menteri,” sambungnya.

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau menyampaikan tentang pembangunan krematorium terbesar di Kepri serta fasilitas umum di Natuna pascabanjir dan pembangunan MCK untuk lembaga pendidikan, Selasa (17/1/2023). F- dok/suaraserumpun.com

Pada saat Raker dengan Menteri PUPR, Cen Sui Lan juga menyampaikan poin ketiga, yaitu pembangunan program MCK di lembaga-lembaga pendidikan keagamaan Kepri, agar dilakukan fleksibel.

“Dalam program pembangunan MCK di lembaga pendidikan keagamaan itu, mengharuskan ada siswa yang tinggal di sekolah itu. Tapi, tolong agar bisa fleksibel. Karena banyak lembaga pendidikan yang siswa atau santrinya ratusan, tapi tidak tinggal di sana (sekolah). Tapi, mereka sangat memerlukan dan minta bantu pembangunan MCK. Saya minta, kebijakan ini fleksibel, dan ada solusinya,” jelas Cen Sui Lan.

Baca Juga :  BP Batam Gelar Pelatihan Aplikasi SINSW untuk Mempermudah Pengusulan Barang/Jasa di KEK

Krematorium Terbesar di Kepri
Sebelum Raker tersebut, Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri dan Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono telah sepakat akan membangun krematorium (tempat pembakaran mayat) terbesar dan termegah se-Kepri, di Kota Batam. Pembangunan krematorium seluas 2 hektare ini direalisasikan pada tahun anggaran 2023 mendatang.

Pembangunan krematorium terbesar di Kota Batam ini berawal ketika Cen Sui Lan berkunjung ke Kantor Yayasan Sosial Budi Bakti, dalam kegiatan Kunjungan Daerah Pemilihan (Kundapil), April 2022 lalu. Saat itu, Cen Sui Lan berdiskusi dan menerima aspirasi dari Rudy Tan selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Sosial Budi Bakti. Sekaligus sebagai pengelola krematorium.

Turut hadir Bambang Suherman Ketua Umum Yayasan Sosial Budi Bakti dan Herdiyanto Tenaga Ahli DPR RI. Cen Sui Lan menerima aspirasi, tentang pembangunan krematorium yang lebih besar, guna memenuhi layanan sosial.

Berdasarkan aspirasi tersebut, Cen Sui Lan membawa dan menyerahkan dokumen usulan pembangunan krematorium terbesar dan termegah se-Kepri di Kota Batam tersebut, kepada Basuki Hadi Mulyono Menteri PUPR, pada Rapat Kerja Komisi V dan Menteri PUPR di Ruang Rapat Komisi V Gedung Nusantara I DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Cen Sui Lan menyerahkan dokumen usulan pembangunan krematorium terbesar se-Kepri di Batam, kepada Menteri PUPR pertengahan tahun 2022 lalu. F- dok/saraserumpun.com

Kemudian, Cen Sui Lan juga mendatangi Dirjen Bimas Budha Kementerian Agama Nyoman Suriadarma, untuk berkoordinasi tentang rekomendasi pembangunan krematorium di Kementerian Agama. Rekomendasi tersebut sudah diterbitkan pada tanggal 26 April 2022.

Baca Juga :  Kepulauan Riau Segera Punya Stasiun TVRI

Saat Rapat Kerja Komisi V DPR RI, awal Juni 2022 lalu, Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono sepakat akan membangun krematorium di Kota Batam itu. Saat itu, Cen Sui Lan menyerahkan dokumen usulan pembangunan krematorium terbesar dan termegah di Kota Batam. Raker tersebut membahas Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Kementerian PUPR tahun anggaran 2023. Dan evaluasi kegiatan tahun anggaran 2022.

Cen Sui Lan yang juga menjabat sebagai Dewan Kehormatan Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Ikatan Tionghoa Muda (ITM) Kepri ini menambahkan, pembangunan krematorium terbesar dan termegah di Batam yang bakal menjadi destinasi wisata itu, juga mendatangi Dirjen Bimas Budha Nyoman Suriadarma, guna mendiskusikan rekomendasi pembangunan krematorium untuk Yayasan Sosial Budi Bakti, Batam yang diterbitkan 26 April 2022 tersebut.

Cen Sui Lan menyebutkan, pembangunan krematorium terbesar se-Kepri di Batam itu, dilaksanakan di Batu Aji. Pembangunan di lahan khusus seluas 2 hektare, yang dikelola Yayasan Sosial Budi Bakti.

“Tahun 2023 ini, kita sudah ingatkan lagi kepada Pak Menteri PUPR. Tahun 2023 ini, semoga sudah terealisasi pembangunan krematorium terbesar di Kepri itu. Dan ini menjadi hadiah Imlek 2023,” tutup Cen Sui Lan. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here