banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad membawa trofi penghargaan BI Awards 2022. F- diskominfo kepri

Ansar Ahmad Menerima Penghargaan BI Awards 2022, Implementasi QRIS di Kepri Terbaik Se-Sumatera

Komentar
X
Bagikan

Jakarta, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad menerima penghargaan dari Bank Indonesia (BI), pada ajang BI Award 2022. Penghargaan ini diberikan, karena Ansar Ahmad Gubernur Kepri dinilai telah berhasil membawa Kepri sebagai pemerintah provinsi dengan implementasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) terbaik se-Sumatera.

Penghargaan diterima langsung oleh Gubernur Kepri H Ansar Ahmad di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Rabu (30/11). Penerima penghargaan BI Awards ini tidak hanya Gubernur Kepri H Ansar Ahmad. Ada 4 kepala daerah lain yang juga mendapatkan penghargaan kategori yang sama. Yaitu Pemprov DI Yogyakarta terbaik untuk wilayah Jawa. Pemprov Bali terbaik untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Pemprov Kalimantan Timur terbaik untuk wilayah Kalimantan. Dan Pemprov Sulawesi Utara terbaik untuk wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Baca Juga :  Ada Gang Bernuansa 3 Dimensi, Wako Tanjungpinang Mengingatkan Soal DTKS

Keberhasilan Provinsi Kepri mendapatkan penghargaan sebagai pengimplementasi QRIS terbaik ini menurut Gubernur Ansar tak lepas dari upaya Pemprov bersama Bank Indonesia, serta stake holder terkait untuk terus menggesa upaya digitalisasi di daerah dalam rangka menyongsong era society 5.0.

“Implementasi QRIS ini merupakan salah satu langkah awal digitalisasi suatu kawasan. Saat ini masyarakat hidup berdampingan dengan terus melakukan transaksi-transaksi, jadi itu hal yang dasar. QRIS, sebagai bentuk digitalisasi transaksi menjadi dasar atas digitalisasi lain sebagai persiapan menuju perubahan menjadi Society 5.0, di mana sejumlah besar informasi dari sensor wilayah fisik diakumulasikan ke dalam wilayah maya,” ujar Ansar Ahmad Gubernur Kepri, usai acara.

Contoh nyata upaya Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam menggesa digitalisasi Kepri adalah meresmikan Pulau Penyengat. Pulau historis di Kepri menjadi Pulau Digital dengan QRIS Bank Riau Kepri Syariah pada 9 April 2022 yang lalu. Dengan demikian Pulau Penyengat yang terkenal dengan wisata religinya sekaligus menjadi pilot project penggunaan QRIS sebagai alat transaksi.

Baca Juga :  Hari Pertama Tahapan Kampanye, Polres Bintan Meninjau Kantor KPU dan Bawaslu

“Jadi sejak diresmikan jadi Pulau Digital, segala bentuk transaksi di Penyengat, mulai dari ongkos pompong, ongkos becak motor, transaksi kuliner hingga oleh-oleh, semuanya kita utamakan menggunakan QRIS. Loket pembayaran pompong, penambang bentor, hingga kios makanan dan oleh-oleh sudah kita lengkapi dengan QR code QRIS. Dan semuanya kita lakukan bekerjasama dengan Perwakilan BI di Batam. Sinergitas yang kita bangun bersama BI juga sudah sangat baik selama ini,” jelas Gubernur Kepri.

Anugerah BI Awards 2022 sendiri merupakan rangkaian acara pertemuan tahunan Bank Indonesia tahun 2022 dengan tema “Sinergi dan Inovasi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Menuju Indonesia Maju”. Presiden RI Joko Widodo hadir langsung memberikan arahan.

Baca Juga :  Setelah JMSI, Giliran SMSI Beri Anugerah ke Ansar Ahmad

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo mengatakan, seluruh lapisan mitra strategis pemerintah harus selalu mempersiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi dalam menghadapi tahun 2023 mendatang.

“Kondisi saat ini, seluruh negara sedang kesusahan. Menghadapi pandemi, inflasi, dampak perselisihan Rusia dan Ukraina, sehingga segala sesuatu tidak dapat diperkirakan secara konkret, untuk itu di tahun 2023. Saya tekankan, kita harus selalu optimis tetapi segalanya harus hati-hati dan selalu waspada,” pesan Presiden RI Jokowi. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *