Beranda All News Cen Sui Lan Minta Penambahan Dana Desa di Provinsi Kepri ke Mendes...

Cen Sui Lan Minta Penambahan Dana Desa di Provinsi Kepri ke Mendes PDTT

0
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Dapil Kepri meminta penambahan Dana Desa (DD) untuk pemerintah desa di wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kepada Mendes PDTT saat Raker Komisi V DPR RI dengan Kemendes PDTT, Senin (30/5/2022). F- Istimewa/cen sui lan

Jakarta, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) meminta penambahan nilai Dana Desa (DD) di wilayah Kepri, kepada Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. Permintaan itu disampaikan Cen Sui Lan saat Raker antara Komisi V DPR RI dan Mendes PDTT di Ruang Rapat Komisi V Gedung DPR RI Senayan, Senin (30/5/2022).

Dalam Rapat Kerja dengan Menteri Desa PDTT tersebut, Cen Sui Lan menjelaskan dan meminta pertimbangan, agar Dana Desa untuk pemerintah desa di wilayah Kepri ditambah atau dinaikkan nilainya. Untuk pembangunan desa di wilayah kepulauan seperti Kepri, tidak sama kondisinya pada desa di wilayah daratan.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Berbagi BLT untuk Pedagang Taman Batu Sepuluh

Berdasarkan demografi dan geografi, jelas Cen Sui Lan, desa-desa yang ada di Kepri banyak yang berbatasan atau bersebelahan dengan desa lain itu, berupa laut. Desa di Kepri itu antarpulau.

“Nah, desa di Dapil saya itu (Provinsi Kepri), diperlukan perlakukan dan perhatian khusus. Dan tak boleh bantuan Dana Desa di Kepri, disamakan dengan desa-desa di provinsi lain. Kalau provinsi lain, desa-desanya daratan. Itu yang kita sampai ke Mendes PDTT saat Raker kemarin,” kata Cen Sui Lan saat memberikan keterangan kepada suaraserumpun.com, Selasa (31/5/2022).

Baca Juga :  Sananta Pemain Asal Kepri Dibeli PSM Makassar

Justru itu, Cen Sui Lan meminta pertimbangan dan solusinya agar pemerintah desa yang ada di Kepulauan Riau, dilakukan pembangunan secara merata dengan desa di wilayah daratan. Dalam artian, bantuan Dana Desa harus berdasarkan proporsional.

“Dana Desa yang selama ini Rp1 miliar untuk desa-desa di Kepri, itu harus dinaikkan. Dan juga, jika ada program pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan Kemendes PDTT diharapkan lebih memperkuat BUMDes-BUMDes yang ada di Kepri. Agar dananya efektif dan berdayaguna,” demikian keinginan Cen Sui Lan kepada Kemendes PDTT untuk pembangunan desa di Provinsi Kepri. (nurul atia)

Baca Juga :  Peringati Isra Mikraj di Kundur, Begini Isi Tausiah Gubenur Kepri

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here