Beranda All News Back to Back, Bali United Juara Liga 1 2021-2022

Back to Back, Bali United Juara Liga 1 2021-2022

0
Manajer, pelatih dan pemain Bali United merayakan kemenangan pada laga penutup musim atas Persik Kediri, serta tampil sebagai juara BRI Liga 1 musim 2021-2022, Kamis (31/3/2022) malam. F- Istimewa/Instagram@pssi

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Bali United menjuarai BRI Liga 1 musim 2021-2022. Titel juara ini diraih untuk dua kali berturut bagi Bali United. Para skuat Bali United menamakan back to back, kembali untuk kembali sebagai juara.

Bali United merayakan gelar juara Liga 1 2021-2022, setelah menutup laga pamungkas dengan kemenangan dengan skor 3-1, atas Persik Kediri, Kamis (31/3/2022) malam. Hasil itu membuat Serdadu Tridatu menutup musim 2021-2022, dengan 75 poin dari 34 laga.

Kompetisi Liga 1 musim 2021-2022 ditutup secara resmi oleh Menpora RI Zainudin Amali mewakili Presiden RI Joko Widodo. Seremoni penutupan Liga 1 2021-2022 dihadiri oleh Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan dan Dirut BRI.

Pada saat menyampaikan sambutan, Menpora Zainudin Amali mengatakan, Presiden RI Jokowi selalu menyaksikan kompetisi sepak bola Indonesia.

Menurut Amali, sepak bola Indonesia mendapat perhatian serius dari Jokowi. Kesuksesan perhelatan Liga 1 juga tak terlepas dari dukungan orang nomor 1 Indonesia itu.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Menghibahkan Lahan untuk Pembangunan PTA dan PT Kepri

“Saya sampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo. Beliau menonton langsung pertandingan hari ini,” kata Amali di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

“Beliau selalu nonton Liga 1 dan Liga 2 yang disiarkan televisi. Perhelatan liga 1 mendapat perhatian khusus oleh presiden Joko Widodo,” ujarnya menambahkan.

Liga 1 beres dengan menjalankan 306 pertandingan yang melibatkan 18 klub. Sebelumnya Liga 1 sempat vakum selama 1,5 tahun lantaran tak mendapat izin dari pemerintah di masa pandemi Covid-19.

Menurut Amali, izin penyelenggaraan Liga 1 berasal dari restu Jokowi. Dan terbukti kompetisi sepakbola bisa berjalan hingga tuntas di masa pandemi COVID-19.

Rencana awalnya Jokowi akan hadir pada seremoni juara Liga 1 sebagai undangan. Tapi pada akhirnya hal itu tidak bisa terwujud.

Baca Juga :  PT Toba Bara Energi Bangun PLTS Terapung di Kepri, Investasinya USD 470 Juta

“Dia (Jokowi) memberi arahan kompetisi segera berjalan di tengah pandemi dengan tetapi dengan protokol kesehatan. Tentu ini dukungan beberapa beberapa pihak, Kapolri, Menkes, Satgas Covid-19, dan pihak terkait sehingga terlaksana kompetisi Liga 1,” ucap Amali.

“Kompetisi ini diperlukan untuk sebagai tempat mengukur sejauh mana pembinaan sepak bola di tanah air. Akhir (muara) kompetisi adalah terbentuknya Timnas Indonesia yang tangguh yang kita banggakan,” ucapnya.

“Kompetisi sudah berjalan baik, mudah-mudahan kompetisi di masa akan datang lebih baik lagi dan harapan kita semoga musim depan sudah bisa disaksikan langsung oleh penonton di lapangan (stadion),” tutupnya.

Menpora RI Zainudin Amali menyerahkan bonus top scorer kepada Llija Spasojevic pemain Bali United. F- Istimewa/instagram@pssi

Dengan menjuarai Liga 1 2021-2022, Bali United berhak tampil di babak kualifikasi Liga Champions Asia tahun depan. Jika mereka gagal menembus fase grup, maka satu slot di Piala AFC sudah pasti mereka raih.

Baca Juga :  Isra Mikraj, BKMT Kepri Mengumumkan Peluncuran Buku Panduan Pembinaan Keluarga

Persib Bandung berada di posisi runner-up dengan 69 poin. Mereka ditahan imbang 1-1 dengan Barito Putera di laga terakhir, membuat tim asal Kalimantan itu selamat dari degradasi. Marc Klok dkk juga berhak tampil di Piala AFC tahun depan.

Bhayangkara FC finis di posisi ketiga dengan 66 poin. Mereka berada di daftar tunggu Piala AFC tahun depan. The Guardian baru bisa tampil jika Bali United berhasil menembus fase grup Liga Champions Asia.

Sementara itu, Persipura Jayapura, Persela Lamongan, dan Persiraja Banda Aceh harus terdegradasi ke Liga 2. Dengan demikian, tak ada tim dari Sumatera atau Papua di musim depan. Tiga tim promosi dari Liga 2 yang menggantikan tiga klub terdegradasi dari Liga 1 itu yaitu Persis Solo, RANS Cilegon, dan Martapura Dewa United. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here