Beranda All News DPAD Bintan Terima Pocadi dari Perpusnas, Saatnya Membaca Puluhan Ribu Buku Lewat...

DPAD Bintan Terima Pocadi dari Perpusnas, Saatnya Membaca Puluhan Ribu Buku Lewat Hape

0
Staf DPAD Kabupaten Bintan mengecek perangkat pocadi bantuan Perpustakaan Nasional di Kantor Camat Bintan Utara, Senin (4/10/2021). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Bintan menerima bantuan perangkat Pojok Baca Digital (Pocadi). Kini, sudah saatnya masyarakat umum membaca puluhan ribu buku lewat handphone (hape). Caranya cukup mudah.

Pocadi merupakan perpustakaan dengan format buku digital (e-book). Peralatan atau perangkat Pocadi dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) untuk DPAD Bintan, diletakkan di Kantor Camat Bintan Utara. Pocadi ini diharapkan bisa mendorong peningkatan budaya literasi (membaca) di masyarakat sekitar. Terutama bagi para pemustaka dari kalangan pelajar.

Baca Juga :  Rekomendasi BPK: Dinas PUPR dan Disdik Kepri Diminta Mempertanggungjawabkan Kelebihan Pembayaran TA 2020

Pocadi yang dihibahkan itu terdiri dari 3 PC Desktop, dan 2 Tablet Android. Perangkat ini bisa digunakan oleh pemustaka untuk mengakses Digital Book (e-book).

“Nah, untuk mengakses Digital Book tersebut, pemustaka harus menggunakan apliasi iPusnas,” sebut Edi Pribadi, Kepala DPAD Kabupaten Bintan, Senin (4/10/2021).

Ipusnas merupakan piranti lunak berbasis sistem elektronika, yang terdiri dari berbagai fitur. Yang berfungsi mempersiapkan, mengumpulkan, mengolah, menganalisa, menyimpan, menampilkan, mengumumkan, mengirimkan dan/atau menyebarkan informasi elektronik. Melalui aplikasi iPusnas, para pembaca dapat bergabung menjadi anggota e-Pustaka.

Ruangan pojok baca digital (Pocadi) Kabupaten Bintan di Kantor Camat Bintan Utara. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Anggota e-Pustakan yang sudah terdaftar, bisa meminjam dan membaca buku secara digital atau lewat hape. Membacanya bisa di mana saja, dan kapan saja. Untuk aplikasinya, dapat diunduh melalui Google Play / AppStore-iPusnas, dan melalui link https://ipusnas.id/.

Baca Juga :  Hasil Pertandingan Arsenal Vs Liverpool: The Reds Menang 3-0

“Jadi, sekarang ini membaca buku tak hanya dalam bentuk fisik. Tapi, membaca buku itu bisa lewat hape. Caranya, ya mendaftar dulu ke Pocadi tadi. Setelah terdaftar dan mengunduh aplikasi, kita bebas membaca buku lewat hape,” ujar Edi Pribadi.

“Berdasarkan informasi dari Perpusnas, jumlah koleksi e-book (buku digital) di situs iPusnas itu sudah puluhan ribu judul buku. Segera mendaftar ke Pocadi, untuk menjadi anggota pustaka digital ini,” kata Edi Pribadi menambahkan. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here