Beranda All News Cen Sui Lan Melepas 6 Armada KN SAR Canggih Milik Basarnas Senilai...

Cen Sui Lan Melepas 6 Armada KN SAR Canggih Milik Basarnas Senilai Rp311 Miliar

0
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI dan Marsekal Muda TNI AU Suparmono dan pihak terkait berada di atas geladak kapal saat pelepasan 6 armada KN SAR berteknologi canggih di jeti PT KAS, Batam, Jumat (28/5/2021).

BATAM (suaraserumpun) – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri melepas 6 unit armada Kapal Negara (KN) Search and Rescue (SAR) canggih milik Basarnas, Jumat (28/5/2021). 6 armada KN SAR senilai Rp311 miliar ini merupakan hasil produksi perusahaan ‘anak negeri’ dari Provinsi Kepri.

Cen Sui Lan melepas 6 unit armada KN SAR canggih milik Basarnas senilai Rp311 miliar ini, bersama Marsekal Muda TNI AU Suparmono, Deputi Bidang Sarana Prasarana dan Sistem Komunikasi Basarnas. Pelepasan 6 KN SAR dilaksanakan di jeti (pelabuhan) PT Karimun Anugerah Sejahtera (KAS), Tanjung Uncang, Kota Batam, Provinsi Kepri.

6 unit armada KN SAR ini yaitu KN SAR 247 Tetuka untuk Kantor Basarnas Banten. KN SAR 248 Sanjaya untuk Kantor Basarnas Medan. KN SAR 249 Permadi untuk Kantor Basarnas Surabaya. KN SAR 250 Puntadewa untuk Kantor Basarnas di Maumere. KN SAR 251 Parikesit untuk Kantor Basarnas Mamuju. Serta KN SAR 252 Seta untuk Kantor Basarnas Tarakan.

Baca Juga :  Pemerintah Singapura Setuju Dibuka Wisata ke Batam dan Bintan, Ansar: Insya Allah Aman

Masing-masing dari 6 unit KN SAR ini dilengkapi teknologi canggih dan dirancang autopilot. Serta memiliki kemampuan manuver dalam keadaan ombak yang sudah diprediksi di perairan laut Indonesia.

Cen Sui Lan menerima penjelasan dari Marsekal Muda TNI Suparmono, didampingi Raja Mustakim dan Victor Angsono, Tenaga Ahli DPR RI di sela pelepasan 6 KN SAR di jeti PT Karimun Anugrah Sejahtera.

Cen Sui Lan di sela pelepasan KN SAR tersebut menyatakan sangat bangga akan kemampuan dari galangan kapal milik ‘anak negeri’. Yang diproduksi oleh PT Karimun Anugerah Sejahtera (KAS) dan PT Palindo Marine. Dua perusahaan anak Kepri ini mampu memproduksi Kapal Negera (KN) SAR milik Basarnas. Ke depanm harus terus dijaga kepercayaan yang sudah diberikan negara dan pemerintah, untuk memproduksi KN SAR. Karena, kapal berteknologi canggih ini akan berada di garda terdepan, dalam proses pencarian dan pertolongan, jika terjadi musibah di negara Indonesia.

Baca Juga :  Pesanan Hewan Kurban Membludak, Stok di Peternakan Eza Mandiri Masih Banyak

“Komisi V DPR RI sebagai mitra kerja Basarnas, selalu memberikan dukungan anggaran. Karena Basarnas berada di garda terdepan dalam proses pencarian dan penyelamatan rakyat kita, apabila terjadi musibah,” jelas Cen Sui Lan yang dipercaya Fraksi Golkar sebagai Anggota Panitia Kerja (Panja) RUU tentang Jalan yang intensif dibahas di DPR RI.

Cen Sui Lan menyatakan, terus mendorong Komisi V, untuk terus menyiapkan sarana prasarana Pengadaan KN (Kapal Negara) SAR untuk tahun 2022 nanti. Dia meminta kepada Basarnas untuk lebih rinci lagi memasukan program-program tentang pengadaan KN SAR, untuk seluruh wilayah Republik Indonesia.

Cen Sui Lan dan Marsekal Muda TNI AU Suparmono mengecek ruangan kapten KN SAR.

“Kita harus menyiapkan kesiapsiagaan kita, dalam menghadapi musibah yang membutuhkan sarana dan prasarana yang mumpuni,” ujar Cen Sui Lan yang juga menjabat sebagai Ketua DPP Ormas MKGR ini.

Baca Juga :  Apri Instruksikan Kepala OPD Cari Uang ke Pusat, Kades Diminta Sinkronisasi Program

Cen Sui Lan berharap, agar produksi untuk KN SAR selalu diproduksi di galangan kapal di Batam. Selain putra putri bangsa Indonesia, dengan adanya program pengadaan KN SAR, dapat memicu dan penyerap tenaga kerja dan ekonomi bisa menggeliat. Serta dapat menjadi bagian dari pemicu pertumbuhan ekonomi di Batam, dan Provinsi Kepri.

“Saya selalu bicara di Senayan sana (DPR RI) agar pemerintah membelanjakan barang modal untuk selalu mempriotitaskan produksi dalam negeri. Dan membina pengusaha lokal,” tambah Cen Sui Lan. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here